CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 06 Maret 2013

Beberapa Teknologi Made in Germany


Jerman. Kalau kita bicara tentang Jerman pasti yang terfikir adalah mengenai majunya negara tersebut, Kota Berlin sebagai hati dan Frankfurt yang dikenal seperti jantungnya Jerman atau mungkin jika kita melihat kembali ke sejarah kita akan mengaitkan jerman dengan NAZI-nya. Well, kalau kita bicara tentang Jerman pasti kita ga bisa memisahkan negara ini dengan perkembangan teknologi dunia. Ya jelas aja, secara Jerman kan negara yang emang dari jabang bayinya udah canggih ya nevermind. Di postingan kali ini gue bakal bahas tentang 10 teknologi yang 100% Made in Germany.


Dimulai dari yang paling populer dulu ya,

1. Sinar X
         Siapa sih yang ga tau sinar X. Mungkin kita tahunya cuma sinar X itu yang biasa dipakai di rumah sakit tanpa tahu bagaimana dan siapa penemunya. Well, Sinar X adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi penyakit atau lebih tepatnya untuk diagnosis gambar medis dan kristalografi sinar X. FYI, Sinar X ini dicetuskan dan dikembangkan oleh Ilmuwan Jerman bernama Wilhem Conrad Rontgen pada tahun 1895 di Laboratorium University of Wurzburg. Hingga saat ini spektrum cahaya ini populer dengan nama Rontgen.
         Namun beberapa waktu setelah itu, Rontgen menemukan penemuan baru misterius yang diberi sebutan X. Dia menemukan foto (radiograf). Awalnya Rontgen mencoba melihatnya pada tangan istrinya dan gambar tersebut terlihat jelas dalam bentuk transparan lengkap dengan cincin kawin yang ada di jari manis istrinya. Sejak saat itulah sinar X diyakini muncul pertama kali.

2. Mesin Jet 
Jet "178' yang diterbangkan tahun 1939
         Para insinyur Jerman mulai mendesain sendiri mesin jet pada tahun 1935. Ide ini pertama kali muncul di Jerman ketika melihat pesawat Ernst Heinkel dan mereka segera melihat potensi yang ada.Serangkaian purwarupa mencapai puncaknya dengan membuat mesin berbahan bakar bensin yang melekat pada pesawat sederhana. "178"  merupakan mesin jet pertama yang melakukan penerbangan perdananya di Kota Rostock di pesisir Timur Laut pada 27 Agustus 1939.

3. Mobil
       Butuh beberapa orang ahli jenius di Jerman untuk menempatkan teknologi four-stroke di atas roda. Perusahaan otomotif di Jerman yang paling menonjol, Karl Benz di Mannheim (1886) dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart (1889). Keduanya merupakan awal kebangkitan teknologi mobil di Jerman.

4. C-Leg (Kaki Palsu)
       Diperlukan waktu yang cukup lama untuk mengembangkan solusi membuat kaki palsu. Pada tahun 1997, Lower Sanoxy yang merupakan perusahaan HealthCare memberikan penemuan kaki palsu yang menggunakan mikroprosesor pertama yang bisa bergerak. Ini adalah awal kehidupan baru bagi pasien yang terpaksa mengamputasi bagian tubuhnya.

5. MP3
        Jerman  sangat berpengaruh dalam perkembangan musik pop dunia. Awal tahun 1990 teknik serta aplikasi untuk mengurangi kapasitas file suatu lagu mulai dikenal dengan sebutan MP3. Pertama kali MP3 diciptakan oleh lembaga riset Fraunhufer. Inovasi tersebut awalnya dikembangkan di Benua Eropa dan akhirnya kini aplikasi musik tersebut bisa dinikmati oleh pecinta musik di seluruh dunia. Thanks banget buat GERMANY!!!!!! Danke Germany :)

6. Komputer 
Zuse KG Company
         Komputer adalah penemuan negara Jerman. Komputer pertama dibangun di ruang tamu Konrad Zuse pada tahun 1936. Perangkat pertama yang dibuat Zuse dinamai 'Z1', yang diakui hingga saat ini sebagai program komputer pertama yang dilakukan secara digital.
         Zuse juga melanjutkan penelitiannya untuk merancang bahasa pemrograman pertama di tahun 1940-an, dan matematikawan modern memandangnya sebagai orang yang jenius. Saat itu Zuse mendirikan perusahaan yang dinamai Zuse KG.
         Perusahaan ini berda di negara bagian Hesse, setelah itu baru disusul oleh raksasa komputer seperti IBM dan Siemens, yang keluar pada tahun 1967.

7. Teknologi Kristal Cair
TV LCD yang menerapkan penggunaan Kristal Cair
         Kristal cair pertama kali ditemukan pada kolesterol yang di ekstrak dari wortel. Ini dilakukan oleh kimiawan Austria, Friedrich Richard Reinitzer pada tahun 1888. Namun induk dari teknologi kristal cair secara umum diakui sebagai temuan Otto Lehman dari Karlsruhe, Jerman Barat.
         Kristal cair yang ditemukan oleh Lehman memiliki suhu yang lebih tinggi dan setelah bertahun-tahun melakukan penelitian, akhirnya Lehman menerbitkan makalahnya "Kristal Cair" di Leipzig pada tahun 1904.

8. Tape Recorderd
         Seorang anak keturunan Jerman, Fritz Pfleumer tidak hanya menciptakan pita rekaman audio pertama di dunia. Dia juga orang pertama yang menciptakan camputan rekaman di Dresden pada tahun 1927. Dalam salh satu demonstrasi awal, kertas yang sangat tipis ditutupi dengan bubuk oksida besi, Pfleumer menunjukan bahwa rekaman tersebut bisa dipotong dan kembali selaras, sehingga akhirnya setiap remaja bisa merilis DJ yang populer saat ini.
Fritz Pfleumer dan Tape Recorderd pertamanya
         Pfleumer membangun alat perekam kaset pertama yang sebenarnya setahun kemudian, meskipun hardware yang agak berat dengan membutuhkan 900 meter pita rekaman yang digunakan untuk merekam suara selama satu jam.Di tahun 1932, Perusahaan AEG yang berbasis di Frankfurt membeli hak cipta dari Pfleumer dan dengan cepat mengembangkan tape recorderd pertama secara massal.

9. Scooter Air
         Pada tahun 1967, Bernd Bottger (27) seorang pria komunis Jerman Timur ingin melarikan diri dengan menyebrangi Laut Baltik. Secara tidak sengaja ia menemukan Scooter Air yang digunakan sebagai mesin bermotor yang bisa berjalan di atas air. Namun upaya pelarian dirinya berhasil diungkap dan Bottger dipenjara selama delapan bulan. Setelah bebas, Bottger berupaya untuk memproduksi Scooter Air dan dengan marger bersama Perusahaan ILO dan menjadi merk dagang di seluruh dunia.Bottger dikabarkan meninggal secara misterius saat menyelam pada tahun 1972.

source: http://wolrdfact.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar